Kamis, 23 Mei 2013

Ibu Hamil Harus Banyak Makan Yodium Jika Ingin Anaknya Ber-IQ Tinggi


Jakarta, Kecerdasan seseorang tidak hanya ditentukan karena faktor keturunan ataupun kerajinan saja. Pola makan ibu ketika mengandung ternyata sangat mempengaruhi. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa ibu hamil yang kurang mengonsumsi yodium berisiko melahirkan anak dengan IQ rendah.

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.000 wanita hamil menyimpulkan demikian. Ibu hamil yang lebih rendah konsumsi yodiumnya lebih berisiko memiliki anak dengan IQ yang rendah pula. Yodium amat penting bagi kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon yang berefek langsung pada perkembangan otak janin.

Para peneliti di Universitas Bristol dan Surrey menemukan sekitar dua pertiga dari 1.040 ibu hamil yang diteliti mengalami kekurangan yodium. Para ibu ini cenderung melahirkan anak dengan IQ yang lebih rendah. Semakin rendah kadar yodium yang dikonsumsi, semakin rendah pula IQ dan kemampuan membacanya.

"Hasil kami jelas menunjukkan pentingnya yodium yang memadai selama awal kehamilan dan menekankan risiko bahwa kekurangan yodium dapat mengganggu perkembangan bayi, bahkan di negara yang diklasifikasikan mengalami sedikit kekurangan yodium," kata profesor Margaret Rayman dari University of Surrey yang memimpin penelitian seperti dilansir Telegraph, Kamis (23/5/2013).

Untuk memastikan mendapat asupan yodium yang cukup, ibu hamil sebaiknya memakan produk susu dan ikan, serta minum susu. Tapi peneliti memperingatkan konsumsi suplemen rumput laut karena mengandung yodium dalam kadar yang berlebihan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet ini menggunakan sampel dari proyek penelitian bernama 'Children of the 90s', yaitu proyek penelitian jangka panjang yang melibatkan 14.000 ibu hamil selama tahun 1991 - 1992. Kesehatan dan perkembangan anak-anak dari para ibu ini terus dipantau sejak saat itu.

"Wanita hamil dan yang merencanakan kehamilan harus memastikan asupan yodiumnya memadai. Sumber makanan yang baik adalah susu, produk susu dan ikan. Wanita yang menghindari makanan tersebut sebaiknya mencari sumber alternatif. Suplemen rumput laut harus dihindari karena memiliki kadar yodium yang berlebihan," kata dr Sarah Bath, seorang ahli gizi.



http://health.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar